Ini Jadwal dan Besaran Zakat Fitrah di Gampong Reuhat Tuha

Meunasah Reuhat Tuha

REUHATTUHA.DESA.ID – Merujuk kepada ketetapan Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Aceh Besar mengenai  besaran zakat fitrah yang harus ditunaikan oleh umat Islam di Kabupaten Aceh Besar pada Ramadan 1439 Hijriah /2018 Masehi dengan mengunakan makanan pokok berupa beras. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Besar, Drs. H. Salahuddin M.Pd, mengatakan, penetapan besaran zakat fitrah ini diputuskan melalui rapat bersama yang melibatkan Kemenag, Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU), Dinas Syariat Islam dan Baitul Mal Aceh Besar.

Penetapan ini juga berdasarkan Fatwa MPU Provinsi Aceh Nomor 13 tahun 2014 tentang zakat fitrah. “Hasil keputusan ini diambil sesuai dengan ketentuan dalam Mazhab Syafi’i dan pendapat jumhur ulama bahwa zakat fitrah dikeluarkan dalam bentuk makanan pokok dan makanan kita sehari-hari, dalam hal ini beras yang dikonsumsi oleh pembayar zakat,” tuturnya. Salahuddin didampingi Penyelenggara Syariah, H Khalid Wardana menegaskan zakat fitrah sudah dapat dikeluarkan mulai sekarang hingga menjelang Idul Fitri 1439 Hijriyah.

Pemerintah Gampong Reuhat Tuha sendiri  merujuk kepada fatwa MPU  ( Majelis Permusyawaratan Ulama ) Propinsi Aceh dan juga ketetapan Kementrian Agama Kabupaten Aceh Besar bahwa Zakat Fitrah dengan mengunakan makanan pokok berupa beras. Adapun besaran zakat fitrah sudah boleh dikeluarkan untuk setiap jiwa sebanyak satu sha’ atau 2,8 kg atau 3,1 liter atau 1,5 bambu tambah 1 genggam,” Untuk meminimalisir dari hal yang tidak dinginkan, seperti untuk jadwal pendistribusian dan lainnya, dihimbau bahwa Zakat ini nantinya boleh diserahkan kepada Teungku Meunasah pada Malam ke 27 ( malam selasa ) hingga ke 28 Ramadhan  ( malam rabu )  selepas pelaksanaan Ibadah Tarawih. []

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan