Sejarah Gampong Reuhat Tuha

Meunasah Reuhat Tuha

REUHATTUHA.DESA.ID – Gampong Reuhat Tuha merupakan salah satu gampong yang berada dalam Kemukiman Sibreh Kecamatan Sukamakur Kabupaten Aceh Besar Provinsi Aceh, Gampong Reuhat Tuha berada di pusat Kecamatan Sukamakmur. Gampong Reuhat Tuha merupakan pusat perekonomian dalam kawasan Kecamatan Sukamakmur dikarenakan pasar sebagai tempat terjadinya jual beli, baik hasil bumi maupun kerajinan masyarakat, serta kebutuhan lainnya berada di Gampong Reuhat Tuha. Masyarakat Gampong Reuhat Tuha pada dasarnya adalah penduduk asli atau masyarakat yang sudah sejak lama mendiami daerah tersebut.Namun seiring berjalannya waktu penduduk Gampong Reuhat Tuha terus bertambah, baik dari hasil perkawinan satu desa maupun dengan desa lainnya.Sebagai pusat dari pemerintahan dan perekonomian Kecamatan Sukamakmur, juga mempengaruhi bertambahnya pnduduk di Gampong Reuhat Tuha, baik yang berdagang maupun menetap karena pekerjaan.

Secara Geografis Gampong Reuhat Tuha terletak pada posisi yang sangat strategis karena diapit oleh beberapa gampong yang pada akhirnya menjadi tempat perdagangan, memiliki kontur wilayah dengan permukaan tanah yang landai, yang sebagian besar dari lahan dimanfaatkan untuk areal persawahan. Jika dilihat dari persentase luas wilayah keseluruhan Gampong Reuhat Tuha memiliki area sawah seluas 61 Hektar dengan keadaan yang sangat potensial serta kesedian air untuk persawahan yang sangat mencukupi, hal ini sangat menjanjikan bagi petani untuk melakukan penanaman padi secara intensif dengan interval masa panen 4 (empat) bulan sekali.

Dalam sektor perkebunan, masyarakat masih mengadalkan tanaman keras seperti rambutan, langsat, mangga, dll, yang ditanam secara tradisional dan dalam jumlah tidak banyak pada kebun masing-masing masyarakat.

Dilihat dari segi akses ke pusat pemerintahan kabupaten dan ibu kota Provinsi Aceh, Gampong Reuhat Tuha terhitung sangat mudah dijangkau, dikarenakan letak Gampong Reuhat Tuha dilewati oleh jalan Nasional.

Keadaan sarana-prasarana, pelayanan umum, sosial, kesehatan, dan olah raga yang bersifat kecamatan rata-rata berada di Gampong Reuhat Tuha, sehingga banyak aktifitas kecamatan yang dilaksanakan di Gampong Reuhat Tuha sebagai pusat kecamatan.

Menurut Beberapa sumber pemerintahan atau dari hasil penelusuran tentang sejarah pemerintahan Gampong yang didapat dengan cara wawancara dan beberapa temuan tulisan tulisan di tempat peninggalan zaman dulu yang dilakukan dengan berberapa nara sumber/ tetua gampong yang masih ada maka didapat informasi tentang pimpinan /pelaku pemerintahan pada masa dulu hingga sekarang .

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan