Reuhat Tuha Sembelih 5 Sapi dan 2 Kambing

REUHATTUHA.DESA.ID – Gampong Reuhat Tuha Kecamatan Sukamakmur Kabupaten Aceh Besar menyembelih hewan qurban di tahun ini sebanyak 5 ekor sapi dan 2 ekor kambing. Hewan yang disembelih tersebut dipusatkan pada beberapa titik, yaitu di Meunasah Gampong, Dusun, dan juga Pesantren setempat. Penyembelihan hewan qurban dilaksanakan setelah Shalat Ied ditunaikan di Mesjid Besar Baitul Makmur Sibreh, yaitu sekitar pukul 09.30 WIB.

Menurut Keuchik Gampong Reuhat Tuha, Buchari Yahya, jumlah yang menunaikan qurban tahun ini meningkat dari tahun – tahun sebelumnya, sehingga Alhamdulillah kita dengan sukacita mulai pagi tadi bergotong royong untuk proses penyembelihan dan pendistribusian daging qurban tersebut. Keuchik juga menyampaikan rasa terimakasih kepada para pequrban serta masyarakat yang telah banyak membantu, sehingga mulai dari proses penyembelihan, pendataan, pengemasan,serta pendistribusian berjalan dengan lancar walaupun dalam keadaan hujan.

Seperti yang kita ketahui, Umat Islam seluruh dunia merayakan Idul Adha setiap 10 Dzulhijjah dalam kalendar Islam. Hari ini disebut juga dengan lebaran Haji karena bertepatan juga dengan pelaksanaan ibadah haji. Ada juga yang menyebut hari ini lebaran qurban karena mereka yang mampu untuk berqurban diwajibkan menyembelih hewan qurban dan membagikan dagingnya kepada masyarakat yang kurang mampu. Kisah atau sejarah qurban berawal dari persitiwa Nabi Ibrahim yang akan menyembelih putranya Nabi Ismail. Kemudian disyiarkan oleh Nabi terakhir Muhammad SAW yang menganjurkan umat Islam untuk menyembelih qurban di hari raya Haji atau Idul Adha.

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan