Tim Pelaksana PID Sukamakmur 2018 Terbentuk

REUHATTUHA.DESA.ID – Menindaklanjuti Keputusan Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal Nomor 83 Tahun 2017 tentang penetapan Pedoman Umum PID (Program Inovasi Desa). Dimana, program ini dapat mempercepat penanggulangan kemiskinan di desa melalui pemanfaatan dana desa secara lebih berkualitas untuk pengembangan kapasitas desa secara berkelanjutan khususnya pengembangan ekonomi lokal, kewirausahaan, pengembangan sumber daya manusia, pelayanan sosial dasar, serta infrastruktur desa.

Untuk mengimplementasikan program tersebut, Kamis (30/8) Muspika Kecamatan Sukamakmur dan para Pendamping Desa serta Pendamping Lokal Desa menggelar Musyawarah Antar Desa (MAD) yang pertama. Acara ini dilaksanakan di gedung serbaguna Kantor Camat Kecamatan Sukamakmur Sibreh dengan tujuan untuk memilih tim Pelaksana  PID tahun 2018.

Yuslizar, S.Sos selaku Camat Suka Makmur menjelaskan bahwa di tahun 2018 hanya 4 orang yang akan dipilih sebagai tim Pelaksana PID Sukamakmur karena memang terdapat 4 bidang yaitu untuk posisi Ketua, Bendahara, Capturing, dan Verifikator. Tentu hal ini berbeda dengan tahun 2017 yang memang setiap kecamatan harus memilih 7 orang tim Pelaksana PID. Alhamdulillah pemilihan sangat demokratis yaitu dengan cara masing – masing gampong mengirim seorang utusan calon, untuk kemudian calon – calon tersebut dipilih langsung oleh para Keuchik dan juga peserta MAD.

Pengurus dari program inovasi desa ini berjenjang yaitu di tingkat Kabupaten terdapat tenaga ahli program inovasi desa, kemudian di Kecamatan terdapat tim pelaksana inovasi Desa,” terangnya dalam Rapat MAD 1 tersebut.

Camat juga menyampaikan terimakasih kepada Tim Pelaksana PID Sukamakmur tahun 2017 yang telah bekerja keras serta menyukseskan kegiatan Bursa Inovasi Desa Kabupaten Aceh Besar di tahun 2017 lalu. Serta harapan camat agar tim Pelaksana  PID Sukamakmur tahun 2018  dapat mengembangkan inovasi demi kemajuan sebuah desa. Oleh kerenanya hal ini harus tumbuh dari inisiatif masyarakat desa dan Pemerintahan Desa maupun Kecamatan.

“Diperlukan  langkah-langkah nyata yang akan dilakukan dalam mengamanahkan UU Desa. Salah satunya dengan pola inovasi kegiatan, praktik-praktik cerdas atau pengetahuan dalam investasi dana di desa dan kegiatan-kegitan lain dalam pembangunan,” tuturnya.

Adapun hasil MAD 1 tentang Tim Pelaksana PID Kecamatan Sukamakmur tahun 2018 sebagai berikut;

Ketua : Zulmahdi dari Gampong Tampok Blang ( 10 suara )

Bendahara : Tuti Raiyani  dari Gampong Lamtanjung  ( 13 suara  )

Verifikator : Faisal dari Gampong Lambirah ( 6 suara )

Capturing dan Media : Baihaqi dari Gampong Reuhat Tuha ( 26 suara )

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan