Juanda Djamal Presentasikan Aceh Di India

REUHATTUHA.DESA.ID- Andaman menjadi hubungan bisnis dan dagang Aceh ke India daratan. Hal tersebut disampaikan oleh Juanda Djamal, Direktur Eksekutif KADIN Aceh saat penandatanganan kesepakatan kerjasama bisnis dan perdagangan antara KADIN Aceh dengan The Andaman Chambers of Commerce and Industry (ACCI) di Port Blair, India.

Juanda Djamal menjelaskan bahwa “ kerjasama ini adalah strategis dalam rangka membuka peluang bisnis dan dagang Aceh ke dunia Internasional, apalagi sejarah membuktikan kemajuan Aceh pada abad 16 sampai dengan abad 18 adalah kuatnya perdagangan Aceh”.

Port-Blair jadi hub dagang Aceh ke India daratan

“Nantinya, Aceh dapat mengekspor produk dagangnya ke Port-Blair dan selanjutnya dihubungkan ke Chennai, yaitu India daratan. Peluangnya besar, karena penduduk India mencapai  1,3 milyar jiwa dan 14.2 % muslim”.

“Pemerintah India telah membuka dan memfokuskan pembangunan kepulauan Andaman, ada sejumlah kebutuhan untuk menyukseskan program tersebut, antara lain material konstruksi, pangan, perikanan dan pariwisata.

Semua kebutuhan tersebut adalah peluang bagi pengusaha Aceh untuk terlibat, karena jarak antara Aceh dengan Andaman sangat dekat, jelas Juanda dalam presentasinya.

“Kerjasama ini menjadi peluang untuk membangun rantai produksi pertanian, dan dapat berdampak langsung bagi petani, karena dagang ini membuka peluang tergadap terbangunnya jaminan pasar atas hasil pangan, buah-buahan dan bahkan sayuran. Selanjutnya, kemudahan juga dirasakan oleh nelayan aceh kedepan, setidaknya jika ada permasalahan yang dihadapi oleh nelayan Aceh maka mudah bagi Pemerintah Aceh untuk mengadvokasinya”, tambah Juanda Djamal.

Juanda menutup presentasinya dengan menegaskan,” bisnis dan dagang ini sangat bermanfaat bagi membuka kembali perdagangan Aceh ke masyarakat Internasional, maka kami sangat serius dan berkomitmen, kami mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia yang telah memfasilitasi terjalinnya hubungan dagang antara KADIN Aceh dengan ACCI India”.

Kesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganan kerjasama antara Muzakkir Manaf, ketua KADIN Aceh dengan Shri Chetan B Shanghi, presiden ACCI.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan